Sejarah Singkat Berdirinya Sekolah di Atas Laut, SDN 016 Tihi -Tihi, Bontang Selatan

 

Indonesia merupakan negara maritim dengan luas wilayah laut 3.257.357 km², dari luasnya lautan yang ada di Indonesia inilah banyak pula perkampungan yang berada di atas laut. Salah satu dari banyak nya perkampungan tersebut adalah Perkampungan tihi-tihi yang merupakan bagian dari wilayah bontang Kalimantan timur, dengan penduduk yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

 


Meskipun tidak ada yang benar benar mengetahui sejarah pasti adanya tihi-tihi, atau siapa yang pertama kali menempati tihi tihi. Namun, sejarah satu satunya sekolah yang berada di tihi-tihi ini masih dapat di ketahui dengan pasti.

 


Sejarah berdirinya SDN 016 tihi – tihi ini tidak lepas dari perjuangan orang orang yang hatinya tergerak untuk memberikan Pendidikan kepada anak-anak yang ada di tihi -tihi. Awal perjalanan sekolah ini dimulai tahun 1999 dimana, 2 orang perempuan hebat berniat memberikan Pendidikan setidaknya ilmu baca dan tulis bagi anak tihi-tihi. 2 perempuan tersebut adalah Nurbiah, Siti Sholihah.Pada saat itu Tempat belajar mengajar pun masih dilakukan di rumah warga, karena belum adanya bangunan sekolah yang dapat digunakan, bahkan gaji pun tidak diterima ketiga Wanita hebat ini seara regular, pada waktu itu gaji yang mereka dapatkan adalah bagian dari bantuan perusahaan PT badak LNG. Hingga pada tahun 2001 dengan perjuangan yang tidak mudah, akhirnya sekolah mulai dibangun dan selesai dibangun pada tahun 2002.

 


Sebenarnya Masih banyak lagi kisah perjuangan dari sekolah SDN 016 Tihi-tihi ini, dengan banyak sosok sosok hebat di dalam nya dari dulu hingga sekarang. Terlepas dari banyak nya kesulitan dan tantangan yang ada, SDN 016 tihi-tihi masih berdiri kokoh hingga saat ini.

 

Komentar